Khoirunnisyah, Rizki (2025) Formulasi strategi peningkatan usaha dagang Sidimpuan Ternak di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1940200257.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Usaha Dagang Sidimpuan Ternak Kota Padangsidimpuan merupakan salah satu usaha yang berkembang di dunia pakan ternak pengadaan asupan hewan peliharaan., Usaha Dagang Sidimpuan Ternak ini berdiri pada tahun 2019. Masalah dalam penelitian ini yaitu pendapatan Usaha Dagang Sidimpuan Ternak Kota Padangsidimpuan tidak stabil sehingga terjadinya fluktuasi dalam penjualan Usaha Dagang Sidimpuan Ternak, hal ini diindikasikan karena tidak efektifnya bauran pemasaran Usaha Dagang Sidimpuan Ternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan Usaha Dagang Sidimpuan Ternak Kota Padangsidimpuan untuk meningkatkan usaha serta untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Usaha Dagang Sidimpuan Ternak Kota Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pimpinan, manager, karyawan, dan konsumen. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis SWOT dengan uji IFAS dan EFAS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat dari kekuatan produk yang ditawarkan jenis-jenis produk beragam yang mereka jual. Hal ini terlihat dari pembobotan IFAS dengan skor 0,8. Apabila dinilai dari segi kelemahan biaya operasional Usaha Dagang Sidimpuan Ternak tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan kualitas produk yang bagus akan memiliki harga jual yang tinggi pula. Dapat dilihat dari segi peluangnya mereka selalu melakukan inovasi dengan memfasilitasi dokter untuk konsultasi secara gratis masalah hewan peliharaan pelanggan. Meskipun terdapat peluang tetapi terdapat pula ancaman semakin banyak pesaing yang bergerak dibidang yang sama.. Oleh karena itu berdasarkan diagram analisis maka strategi agresif perlu diterapkan dalam Usaha Dagang Sidimpuan Ternak. Hal ini akan berimplikasi meningkatkan penjualan produk, menstabilkan penjualan produk dan menstabilkan pendapatan Usaha Dagang Sidimpuan Ternak. Maka pemilik harus lebih memanfaatkann peluang yang sebesar-besarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, SE., M.Si dan Rizal Ma’ruf Amidy Siregar, MM |
Keywords: | Peningkatan usaha dagang; Sidimpuan Ternak; Kota Padangsidimpuan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 02:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 02:39 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |