PaneI, Eniza (2018) Pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan nasabah memilih tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariaha Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh nasabah pegadaian syariah yang menggunakan produk tabungan emas tidak sesuai dengan target perusahaan dalam mendapatkan nasabah. Hal ini disebabkan karena produk tabungan emas merupakan produk yang belum diketahui banyak oleh nasabah PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah produk dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan emas baik secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah produk dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah yang terdiri dari pengertian pengambilan keputusan, proses pengambilan keputusan, tingkat masalah dalam pengambilan keputusan. Selanjutnya teori tentang produk yang terdiri dari pengertian produk, klasifikasi produk yang terdiri dari harga, variasi produk, dan kualitas produk, dan terakhir teori promosi yang terdiri dari pengertian promosi, promosi melalui iklan, pemasaran langsung, dan pemasaran interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan sampel 42 nasabah. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial faktor produk tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih tabungan emas dengan nilai thitung < ttabel (-1,595 < 2,022), faktor promosi memiliki pengaruh terhadap kaputusan nasabah memilih tabungan emas dengan nilai thitung > ttabel (2,622 > 2,022). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa factor produk dan factor promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah memili tabungan emas dengan nilai Fhitung > Ftabel (3,439 > 3,24). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 15% variabel produk dan promosi mampu mempengaruhi keputusan nasabah memilih tabungan emas dan 85% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Produk; Promosi; Keputusan. |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 05 May 2020 02:34 |
Last Modified: | 05 May 2020 02:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
View Item |