Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa PPKN di SDN 11249 Hajoran Labuhan Batu Selatan

Siregar, Chyntia Nadila (2024) Penerapan model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa PPKN di SDN 11249 Hajoran Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500249.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah Penelitian ini adalah rendah nya Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran PPKn Di Kelas V. Hal ini Disebabkan oleh kurang nya perhatian siswa dengan guru saat proses pembelajaran berlangsung, Proses pembelajaran yang monoton,penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai ,tidak memberikan motivasi terlebih dahulu atau tidak mengikutsertakan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tidak bervariasi dan tidak menarik perhatian (Hasil) peserta didik . Mengatasi rendah Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SDN 112249 Hajoran Labuhan Batu Selatan . Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus 2 kali pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Jigsaw. Hal ini dibuktikan dalam penelotian telah m,encapai meningkatkan pembelajaran Jigsaw dapt meningkatkan Hasil Belajar Siswa PPKn Di SDN 112249 Hajoran Labuhan Batu Selatan .Indikator Keberhasilan yaitu 80% Siswa pada kelas V memperoleh skor hasil belajar pertemuan selanjutnya pada siklus I Pertemuan I sebesar 59 namun, pada pertemuan II Sijklus I ini juga belum mencapai kriteria keberhasilan .kemudian peneliti melanjutkan penelitian nya pada siklus II Pertemuan I nilai rata-rata siswa kelas V SDN 112249 Hajoran Labuhan Batu Selatan ini menarik menjadi tinggi dengan nilai rata-rata 62 dan nilai tersebut belum sesuaio dengan indikator keberhasilan yang ingin dicapai sehingga diadakan pertemuan lanjutan yang mana pada Siklus II Pertemuan II meningkat lagi menjadi 89 dengan kategori hasil belajar sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamidah M.Pd dan Maulana Arafat Lubis M.Pd
Keywords: Kooperatif jigsaw; Hasil belajar PPKN; Model pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:37
Last Modified: 12 Jul 2025 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item