Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi everyone is teacher here di Kelas IV SDN 101600 Purbabangun Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Gusmao, Sanana (2025) Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi everyone is teacher here di Kelas IV SDN 101600 Purbabangun Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Pengelompokan hewan berdasarkan makanannya, disebabkan kurangnya variasi penerapan model pembelajaran dan membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran, sehingga memerlukan penggunaan model pembelajaran yang lebih variatif, dalam penelitian ini dengan menggunakan strategi Everyone Is Teacher Here dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat meningkat setelah menggunakan strategi Everyone Is Teacher Here pada pembelajaran materi pengelompokan hewan berdasarkan makanannya pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101600 Purbabangun kecamatan portibi kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV melalui penggunaan strategi Everyone Is Teacher Here. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 101600 Purbabangun Padang Lawas Utara subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, , observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi pengelompokan hewan berdasarkan makanannya mengalami peningkatan disetiap siklusnya dari pre test nilai rata-rata siswa 33,33, siklus I pertemuan I nilai ratarata siswa 70, dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 40% (6 dari 15 siswa), pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata siswa 75,66 dengan persentase ketuntasan siswa 53,33 (8 dari 15 siswa), sedangkan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi nilai rata-rata siswa 80, dengan persentase ketuntasan 60% (9 dari 15 siswa), siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 84 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 80% (12 dari 15 siswa) maka hasil nilai pada penelitian ini sudah mencapai indikator maka dapat dihentiakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd
Keywords: Hasil belajar siswa; Mata pelajaran IPA; Strategi everyone is teacher here; Kelas IV; SDN 101600 Purbabangun Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:34
Last Modified: 12 Jul 2025 02:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item View Item