Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa Kelas VII MTs Robitotul Istiqomah Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Nur Asiah (2024) Pengaruh penerapan discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa Kelas VII MTs Robitotul Istiqomah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
202100006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII MTs Robitotul Istiqomah Kabupaten Padang Lawas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII Mts Robitotul Istiqomah Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang terdiri dari pretest dan postest. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII-C. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII-C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi dan aplikasi spss. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes pretest sebelum menerapkan model discovery learning sebesar 0,015 termasuk dalam kategori normal sedangkan nilai rata-rata tes posttest sesudah menerapkan model discovery learning diperoleh 0,012 termasuk dalam kategori normal. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa t hitung > t tabel atau 3,904> 2,024 pada tingkat signifikasi 5% artinya ada perbedaan yang signifikan sebelum kemampuan menulis teks eksplanasi menerapkan model discovery learning dan sesudah menerapkan model discovery learning. Kemudian hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa t hitung > t tabel atau 3,904 > 2,024 pada tingkat signifikasi 5% artinya ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menerapkan discovery learning tentang teks eksplanasi. Maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Anita Angaraini Lubis, M.Hum
Keywords: Discovery learning; Kemampuan menulis; Teks eksplanasi; Siswa Kelas VII; MTs Robitotul Istiqomah Kabupaten Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:32
Last Modified: 12 Jul 2025 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12341

Actions (login required)

View Item View Item