Suri, Irpa (2025) Langkah-langkah mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam dalam mencari informasi keagamaan melalui aplikasi tiktok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
IRPA SURI-1 - Irpa Suri.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada langkah-langkah yang diambil oleh mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam mencari informasi keagamaan melalui aplikasi TikTok. Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, media sosial, khususnya TikTok, telah menjadi salah satu sarana utama dalam memperoleh informasi, termasuk informasi keagamaan. Meskipun TikTok memberikan kemudahan dalam mengakses informasi keagamaan secara cepat dan praktis, aplikasi ini juga dapat menyebabkan penyebaran informasi yang tidak akurat, terutama terkait dengan konten keagamaan yang sering kali disajikan secara simplistik dan tidak mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji cara mahasiswa dalam memanfaatkan TikTok untuk memperoleh informasi keagamaan, serta bagaimana mereka mengelola dan memverifikasi kebenaran informasi tersebut sebelum diterima atau disebarkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi non partisipan, wawancara terbuka dengan 30 mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pencarian informasi keagamaan oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam di TikTok melibatkan kesadaran kebutuhan informasi, pencarian aktif, penyaringan, pemilihan, dan berbagi informasi. Para mahasiswa memulai pencarian mereka dengan menyadari kebutuhan informasi keagamaan, kemudian secara aktif mencari, menyaring, dan memilih informasi yang sesuai, serta berbagi informasi tersebut kepada teman-teman atau pengikut mereka di platform tersebut. Selain itu, mahasiswa juga cenderung memilih konten yang berasal dari sumber terpercaya, seperti ceramah Ustad Abdul Somad dan Ustad Adi Hidayat, dan lebih sering mencari konten yang berkaitan dengan ibadah, tauhid, dan muamalah. Di antara ketiga bidang tersebut, bidang ibadah merupakan topik yang paling banyak dicari oleh 12 mahasiswa, dengan fokus pada pemahaman tata cara shalat, doa harian, amalan sunnah, serta tafsir dan hadis, 8 mahasiswa mencari konten bidang tauhid dan 10 mahasiswa mencari konten bidang muamalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sholeh Fikri, M.Ag. dan Dr. Mhd. Latip Kahpi, M.Kom.I. |
Keywords: | Mahasiswa; Komunikasi dan penyiaran islam; Keagamaan; Aplikasi tiktok |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 08:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 08:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |