Siregar, Samsiderni (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bebasis Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan higher order thinking skill Siswa Kelas XII MAN 2 Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250500028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah keterampilan menyelesaikan permasalahan dimana tidak ada langkah-langkah yang diajarkan, tetapi membutuhkan penjelasan dan bisa jadi memiliki banyak solusi yang diberikan. Hasil observasi lapangan, kemampuan berpikir tinggi siswa Kelas XII di MAN 2 Padang Lawas masih memungkinkan untuk dimaksimalkan. Peneliti menemukan beberapa masalah dalam penggunaan bahan ajar di sekolah yaitu penggunaan bahan ajar di sekolah belum menggunakan LKPD karena keterbatasan waktu untuk membuat LKPD itu sendiri. Sehingga selama ini hanya menggunakan buku panduan yang berasal dari penerbit buku. Maka dari itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis validitas, praktikalitas serta efektifitas LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Intrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Untuk mengukur validitas menggunakan angket validasi ahli, untuk mengukur praktikalitas menggunakan angket guru dan angket siswa, serta untuk mengukur efektivitas menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD yang dikembangkan memperoleh nilai persentase kevalidan sebesar 81,69 dengan beberapa sedikit revisi. Kemudian setelah melakukan revisi meningkat menjadi 93,39% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis angket respon siswa persentase siswa yang menyatakan senang terhadap materi pelajaran mencapai 85,57%, aspek guru ini rata-rata persentase yang dicapai hingga 88,33%, dapat dikatakan LKPD yang dikembangkan praktis. Hasil indeks gain dari hasil posttest dan pretest peserta didik tersebut dikonversi menjadi suatu nilai kualitatif. Untuk nilai indeks gain sebesar 0,54 berarti interpretasinya berada di 0,30 ˂ g ≤ 0,70 sehingga interpretasi efektivitas produknya termasuk kriteria sedang yang berarti LKPD berbasis PjBL berhasil mencapai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditinjau dari kemampuan kognitif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Project Based Learning (PJBL); Higher order thinking skill; Siswa Kelas XII; MAN 2 Padang Lawas |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 03:14 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 03:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |