Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SDN No.101105 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

Nita, Elsa (2024) Penerapan media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SDN No.101105 Sayurmatinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu Masih rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV dalam pembelajaran IPS. Dimana sebagian siswa kelas IV SDN 101105 masih kurnag pandai membanca dan menulis apa yang di sampaikan oleh guru disekolah. adapun Rumusan Masalah yang terjadi adalah bagaiman media pembelajaran pop up book materi keberagaman budaya mata pelajaran IPS efektif untuk dikembangkan dan apakah media pembelajaran pop up book materi keberagaman budaya mata pelajaran IPS laya di kelas IV SDN No.101105 Sayurmatinggi. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan media pop up book mataeri keberagaman budaya mata pelajaran IPS yang dikembangkan dan untuk menguji kelayakan media pembelajaran pop up book materi keberagaman budaya mata pelajaran IPS kelas IV SDN No.101105 Sayurmatinggi. Penelitian ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) , menggunakan sampel siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini siswa dibimbing untuk memahami materi dengan menggunakan media pop up book. Prosedur penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK. Dengan metode menghitung nilai rata-rata. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 101105 Sayurmatinggi. Sehingga tanggapan siswa terhadap penerapan media pop up book dari hasil pengamatan meujukkan peningkatan yang sangat baik dengan penerapan media pop up book mampu membuat siswa lebih aktif lagi membaca dalam proses pembelajaran dan meingkatkan kerja sama serta tanggung jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd dan Dr. Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Media pembelajaran; Pop Up Book; hasil belajar IPS; SDN No.101105; Sayurmatinggi; Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:50
Last Modified: 07 Jul 2025 03:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12326

Actions (login required)

View Item View Item