Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII melalui formula grafik fry di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal

Rangkuti, Febri Aulia (2024) Analisis keterbacaan wacana dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII melalui formula grafik fry di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2021000014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Sumber belajar yang sangat penting dalam penunjang pembelajaran di dalam kelas adalah buku teks. SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi menjadikan buku teks pelajaran sebagai sumber belajar utama. Buku teks pelajaran harus dapat dimengerti dan dipahami oleh para siswa untuk menunjang suatu program pengajaran. Buku teks yang menjadi objek penelitian ini adalah buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Pilihan bacaan haruslah sesuai dengan jenjang pendidikan. Pembelajaran di dalam kelas harus memperhatikan kriteria pemilihan bacaan siswa yang terdapat dalam buku teks. Salah satu caranya yaitu menggunakan tingkat keterbacaan. Hubungan antara bacaan dan pembaca memang tidak dapat dipisahkan, maka dari itu keterbacaan sangat diperlukan perhatian khusus. Keterbacaan wacana merupakan pengukuran tingkat kesesuaian wacana yang terdapat dalam buku teks. Tujuan dari penelitian ini untuk menhgetahui bagaimana keterbacaan wacana dalam buku teks bahasa indonesia kelas VII kurikulum merdeka melalui formula grafik fry di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi. Jenis penelitian ini adalah penelitia kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi teks. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik kualitatif deskriptif dan formula grafik fry. Wacana yang mnjadi sampel dalam penelitian ini ialah sebnayak 15 wacana. Hasil penelitian ini mnenunjukkan bahwa terdapat 9 wacana yang tidak sesuai keterbacaannya dengan kelas VII dan 6 wacana sesuai. Dari hasil yang didapatkan disimpulkan bahwa buku teks bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum merdeka tidak sesuai dengan tingkatan kels VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Keterbacaan wacana; Buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII; Formula grafik fry; SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:21
Last Modified: 07 Jul 2025 03:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12313

Actions (login required)

View Item View Item