Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual pada materi sistem pernapasan manusia

Hsb, Lukman Hakim (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual pada materi sistem pernapasan manusia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020800011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini diangkat berdasarkan observasi dan wawancara di SMA Negeri 1 Huta Bargot bahwasanya dalam proses pembelajaran peserta didik, masih banyak yang belum bisa memecahkan susatu masalah secara optimal dan masih banyak ditemukan kesulitan dalam proses pembelajaran dan mengembangkan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahn diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan Manusia”. Penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, design, develop, and disseminate). Untuk memperoleh kelayakan bahan ajar LKPD terbatas digunakan tiga uji analisis yaitu uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 1 Hutabargot. Hasil Penelitian ini berupa lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning dengan berbantuan media audio visual pada materi sistem pernapasan manusia yang layak berdasarkan hasil penilaian ahli desain dengan persentase 95%, ahli materi 94%, dan ahli bahasa 88% sehingga termasuk ketegori sangat valid. Kemudian hasil analisis dari lembar praktikalitas guru mendapatkan persentase 100% dengan kategori sangat praktis, dan hasil penelitian terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Hutabargot mendapatkan persentase 93,7% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis PBL untuk SMA layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Tingkat kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning dari ketiga ahli validasi yaitu ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa dikategorikan sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Fery Kurniawan, S.Pd., M.Si
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Problem Based learning (PBL); Media audio visual; Sistem pernapasan manusia
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:19
Last Modified: 07 Jul 2025 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12311

Actions (login required)

View Item View Item