Harahap, Anggi Arinah (2024) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun melalui metode eksperimen di TK Negeri Pembina Desa Pintu Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020600016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ditemuinya anak yang belum mengenal warna ada 9 anak dari 13 anak dan yang mampu mengenal warna hanya 4 anak dari 13 anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Tapanuli Selatan. Anak belum mampu membedakan warna orange dengan warna merah, warna kuning dengan warna orange dan warna biru dengan hijau. Anak lebih suka dengan hal-hal yang lain seperti mengenal bentuk dan angka, anak juga belum mengenal warna karena kurangnya minat belajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun melalui metode eksperimen di TK Negeri Pembina Desa Pintu Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I pertemuan I dikatakan anak belum memahami dan mengenal warna dasar sehingga nilai rata-rata persentase yang diperoleh 50% dengan kriteria mulai berkembang. Pada siklus I pertemuan II dikatakan anak mulai bisa menjawab dan mengenali warna sehingga nilai rata-rata persentase yang diperoleh 65, 38% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Jumlah rata-rata persentase siklus I yang diperoleh adalah 57,77% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Pada siklus II pertemuan I dikatakan anak sudah bisa mengenali warna campuran dan anak mulai bisa mengelompokkan warna, sehingga nilai rata-rata persentase yang dicapai 75% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Pada siklus II pertemuan II dikatakan anak sudah bisa dalam membedakan, menyebutkan dan mengelompokkan warna sehingga nilai rata-rata persentase yang diperoleh 91, 83% dengan kriteria berkembang sangat baik. Nilai rata-rata persentase siklus II yaitu 83,66% dengan kriteria berkembang sangat baik. Persentasi siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa adanya pencapaian peningkatan keberhasilan pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi dan Sakinah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Kemampuan mengenal warna; Anak usia 4-5 tahun; Metode eksperimen; TK Negeri Pembina Desa Pintu Padang Kabupaten Tapanuli Selatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |