Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh trend fashion, harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslimah.

Harahap, Wilda Nora (2024) Pengaruh trend fashion, harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslimah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200080.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Dunia fashion saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, jika dilihat dengan pemakaian busana muslim di Indonesia yang semakin modern. Fashion muslim terus menerus melakukan transformasi dari gaya tradisional menjadi gaya yang modern berjiwa muda pada saat ini. Sebagai umat muslim sudah menjadi kewajiban setiap untuk menutup auratnya. Fashion busana muslim yang sudah semakin berkembang dan modern menarik minat untuk menggunakan model trend fashion muslim. Hal ini dimanfaatkan oleh pelaku busana muslim bukan karna suatu minat dari seseorang, tetapi lebih tepatnya karena menutup aurat adalah suatu kewajiban bagi seluruh umat Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi keputusan pembelian mahasiswi yang berulang kali dalam membeli pakaian muslimah dalam sebulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengolahan data menggunakana SPSS Versi 23. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa UIN Syahada Padangsidimpuan dengan jumlah 114 mahasiswi dan sampel 53 mahasiswi. Data diperoleh melalui penyebaran angket. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji R2, uji t dan uji F). Hasil penelitian ini, berdasarkan hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslimah sedangkan variabel trend fashion, kualitas produk, dan gaya hidup tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslimah dikalangan mahasiswa dapat dibuktikan dengan melihat thitung variabel trend fashion, kualitas produk, dan gaya hidup. Sedangkan uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa trend fashion, harga, kualitas produk, dan gaya hidup berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pakaian muslimah dapat dibuktikan dengan melihat nilai Fhitung > Ftabel . Kemudian nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,154 artinya variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pakaian muslimah sebesar 15,4 % sedangkan sisanya sebesar 84,6 % dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dicantumkan peneliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Wandisyah R Hutagalung,ME dan Risna Hairani Sitompul,MM
Keywords: Trend fashion, Harga, Kualitas produk, Gaya hidup, Keputusan pembelian
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:15
Last Modified: 07 Jul 2025 03:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12306

Actions (login required)

View Item View Item