Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pengenalan bentuk geometri melalui permainan puzzle di TK Masythoh as-Salam Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal

Muhimmah, Muhimmah (2024) Upaya meningkatkan pengenalan bentuk geometri melalui permainan puzzle di TK Masythoh as-Salam Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600014 - Copy - Muhimmah Nasution.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak-anak dalam pengenalan geometri. Anak masih kebingungan dalam menyebutkan bentuk segi empat, lingkaran, dan segitiga saat anak mengamati benda-benda sekitar seperti bentuk bola, bentuk buku, dan bentuk meja. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan puzzle dapat meningkatkan pengenalan bentuk geometri di TK Masythoh As-Salam Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan dan dalam setiap pertemuan terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengematan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah anak di TK Masythoh As-Salam Desa Lumban Dolok yang berjumlah 15 anak. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata skor pada pra siklus yaitu 57,78 dengan kategori mulai berkembang. Pada siklus I pertemuan I meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 67,3 dengan katergori berkembang sesuai harapan dan pada pertemuan II memperoleh nilai rata-rata 70,22 dengan kategori berkembang sesuai harapan. Pada Siklus II lebih meningkat dengan nilai rata-rata yaitu 78,67 dengan kategori berkembang sesuai harapan pada pertemuan I, sedangkan pada pertemuan II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,33 dengan kategori berkembanga sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa permainan puzzle dapat meningkatkan pengenalan bentuk geometri anak di TK Masythoh As-Salam Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd. dan Sakinah Siregar, M.Pd.
Keywords: Bentuk geometri; Permainan puzzle; TK Masythoh as-Salam; Desa Lumban Dolok; Kecamatan Siabu; Kabupaten Mandailing Natal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:11
Last Modified: 07 Jul 2025 03:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item View Item