Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 200205 Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan

R., Fenny Rahayu (2025) Penerapan model pembelajaran think talk write untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 200205 Aek Tampang Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Dokumen dari Fenny Rahayu R. - Feny Rahayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa di SD Negeri 200205 Aek Tampang. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan siswa yang pasif dalam proses pembelajaran, serta kurangnya upaya guru dalam mengarahkan pembelajaran yang fokus pada keterampilan menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V di SD Negeri 200205 Aek Tampang, khususnya pada materi organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write di kelas V SD Negeri 200205 Aek Tampang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan berkolaborasi dengan wali kelas V SD Negeri 200205 Aek Tampang. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 200205 Aek Tampang dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa, yang terdiri dari 18 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan lembar kerja siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada pra-siklus, rata-rata nilai keterampilan menulis siswa adalah 50,5 dengan persentase ketuntasan 2,8%. Pada siklus I, pertemuan I, nilai rata-rata meningkat menjadi 62,2 dengan persentase ketuntasan 28,5%. Pada siklus I, pertemuan II, nilai rata-rata mencapai 66,8 dengan persentase ketuntasan 48,5%. Selanjutnya, pada siklus II, pertemuan I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81 dengan persentase ketuntasan 74,2%. Pada siklus II, pertemuan II, nilai rata-rata siswa mencapai 84,8 dengan persentase ketuntasan 91,4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri 200205 Aek Tampang. Dengan demikian, penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditargetkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Anita Angraini Lubis, M.Hum.
Keywords: Model pembelajaran; Think talk write; Keterampilan menulis siswa;SD Negeri 200205; Aek Tampang; Padangsidimpuan Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:09
Last Modified: 07 Jul 2025 03:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item View Item