Siregar, Ramadani (2024) Upaya meningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbantu video animasi pada pembelajaran IPA Kelas III SDN 100719 Sisipa Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500206.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran dan hasil belajar IPA siswa kelas III belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih dominan menggunakan metode konvensional (metode ceramah), menulis dan hanya berpedoman pada buku guru dan buku siswa yang disediakan oleh sekolah saja. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelajaran picture and picture berbantu video animasi yang mengharuskan siswa lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantu video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 100719 Sisipa Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran picture and picture berbantu video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 100719 Sisipa Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa (25%) dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa (75%), sedangkan siklus I pertemuan ke-2 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (50%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (50%). Pada siklus II pertemuan ke-1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (75%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (35%) sedangkan siklus II pertemuan ke-2 siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa (83,33%) dan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa (16,67%). Hasil penelitian diperoleh dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture berbantu video animasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd.I.,M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd. |
Keywords: | Hasil belajar; Siswa; Pembelajaran; Picture and picture; Video animasi; IPA Kelas III; SDN 100719; Sisipa Batang Toru; Kabupaten Tapanuli Selatan |
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190202 Computer Gaming and Animation 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:55 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 06:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |