Suhada, Irfani (2024) Pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep ekologi dan keanekaragaman hayati. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
Irfani Suhada 2020800022 - Irfani Suhada.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala dalam proses pembelajaran ekologi dan keanekaragaman hayati di MTs Muhammadiyah 20 Natal bahwasanya pemahaman konsep siswa yang masih tergolong rendah. Karena disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang efektif, terutama pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Model yang diterapkan dalam pembelajaran adalah model konvensional, seperti metode ceramah, hal ini cenderung membuat siswa pasif dan hanya menerima informasi tanpa terlibat aktif dalam eksplorasi konsep, sehingga pemahaman mereka tidak mendalam. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi, bertanya, dan membangun pengetahuan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII MTs Muhammadiyah 20 Natal Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas di MTs Muhammadiyah 20 Natal, yaitu kelas eksperimen (VII A) yang menerapkan model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol (VII B) yang menggunakan metode ceramah. Instrumen yang digunakan berupa tes soal essai sebanyak 14 item yaitu 7 pretest dan 7 posttest dengan kelas yang berbeda. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 49,87, sedangkan nilai posttest mencapai 55,66, dengan peningkatan sebesar 5,79 poin. Di sisi lain, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan, dari rata-rata pretest 52,83 menjadi posttest 72,90, dengan peningkatan 20,07 poin. Analisis statistik dari kedua kelompok memiliki distribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan nilai sig. ( 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan thitung 7,082 > 0,2181 yang artinya terdapat perbedaan signifikan terhadap pemahaman konsep antara siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep ekologi dan keanekaragaman hayati siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 20 Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd |
Keywords: | Pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Pemahaman konsep; Metode ceramah; Ekologi; Keanekaragaman hayati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |