Batubara, Sulistiwani Putri (2024) Penerapan teknik jarimatika untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa Kelas IV SD Negeri 118335 PTP VI Silumajang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500123.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan perkalian siswa dalam berhitung perkalian yang disebabkan karena cara atau strategi dalam pembelajaran perkalian masih monoton pada penghapalan perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan perkalian peserta didik dalam mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 118335 PTP VI Silumajang, melalui penerapan Teknik Jarimatika pada materi perkalian bilangan cacah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan guru wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 118335 PTP VI Silumajang dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan butir soal. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang dimana setiap satu siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teknik jarimatika mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase 29,17% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 17 siswa dengan persentase 70,83%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 54,17% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 45,83%. Siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentase 66,67% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa dengan persentase 33,33%. Siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase 87,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 16,67%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik jarimatika dapat meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas IV SD Negeri 118335 PTP VI Silumajang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Penerapan; Teknik jarimatika; Meningkatkan; Kemampuan; Perkalian; siswa; Kelas IV; SD Negeri 118335; PTP VI Silumajang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:44 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |