Siregar, Nurpadhillah (2024) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MIN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
SKRIPSI_NURPADHILLAH_SIREGAR[1]-1_compressed - Nurpadhillah Siregar.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Kurangnya keaktifan belajar siswa di kelas merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan proses belajar mengajar siswa kelas IV MIN 1 Padangsidimpuan pada mata pelajaran IPA yang masih terlalu monoton yaitu hanya dengan guru menjelaskan, siswa mencatat dan mengerjakan tugas, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 1 Padangsidimpuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Model pembelajaran Problem Solving adalah kemampuan belajar untuk menemukan solusi dari suatu masalah atau hambatan dan berfokus pada pengajaran dan keterampilan memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, obsevasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Metode observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Sedangkan metode tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Solving. Hasil penelitian ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa sebesar 50,3 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 28,1%. Setelah dilakukannya indakan pada siklus I pertemuan I terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 58,4 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 37,5%. Kemudian pada pertemuan II nilai rata-rata kelas menjadi 64,9 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 40,6%. Kemudian pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 77,3 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 68,8% dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas meingkat menjadi 85,3 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,5% sesuai dengan rencana dan tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti, sehingga penelitian ini dapat dihentikan karena jumlah siswa yang tuntas (mencapai skor 75 ke atas sebanyak 28 siswa) dengan kata lain siswa sudah tuntas belajar. Dengan demikian hipotesis dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof.Dr.Drs.H.Syafnan,M,Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Penerapan; Model pembelajaran; Problem solving; Meningkatkan; Hasil belajar; Siswa; Mata pelajara; IPA Kelas IV MIN 1; Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |