Siregar, Dwi Diah Listy (2024) Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan daya ingat dan pemahaman konsep siswa pada matematika dikelas II. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500180.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang dari masalah penelitian ini adalah kurangnya tingkat daya ingat dan pemahaman konsep pada matematika materi perkalian dasar. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan kurang bervariasi. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran dikelas melalui penggunaan model pembelajaran Scramble dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini ini adalah apakah model pembelajarann Scramble dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman konsep pada materi perkalian di SD Negeri 17 Bilah Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi di SD Negeri 17 Bilah Barat. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa 12 laki-laki dan 8 perempuan. Observasi dan butir soal tes berfungsi sebagai alat instrumen. Dari hasil analisis data peneliti menemukan peningkatan daya ingat dan pemahaman konsep yang meningkat. Daya ingat pada siklus I pertemuan 1 mencapai 40%, siklus I pertemuan 2 mencapai 60%, siklus II pertemuan 1 mencapai 75%, siklus II pertemuan 2 mencapai 90%. Sedangkan pemahaman konsep yaitu: siklus I pertemuan 1 mencapai 35%, siklus I pertemuan 2 mencapai 50%, siklus II pertemuan 1 mencapai 65%, siklus II pertemuan 2 mencapai 80%. Hasil nilai yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dan mendekati target yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Almira Amir, S.T., M.Si dan Diyah Hoiriyah S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Daya ingat; Pemahaman konsep; Siswa;Matematika; Kelas II |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |