Maharani, Indah Puan (2024) Pengaruh marketing mix terhadap minat nasabah pada produk tabungan emas pegadaian syariah. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200104..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Keputusan nasabah dalam memilih pegadaian syariah merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh pegadaian syariah dalam meningkatkan minat nasabah memilih produk pegadaian syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran marketing mix yang dilakukan Pegadaian Syariah Padangsidimpuan untuk meningkatkan minat nasabah memilih produk pegadain syariah, dan kendala dalam penerapan strategi marketing mix. Strategi marketing mix akan dianalisis berdasarkan variabel 7p (product, price, process, place, promotion, people, physical Evidiance). Penelitian ini menggunakan metode kuantatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran produk pegadaian syariah yang dilakukan Pegadaian Syariah Padangsidimpuan menggunakan marketing mix (bauran pemasaran) 7p yaitu dapat meningkatkan minat nasabah. Pada produk (product), dengan cara komunikasi kepada nasabah untuk mengetahui keunggulan- keunggulan, manfaat, dan juga kemudahan yang mereka dapatkan apabila menggunakan produk-produk pada pegadaian syariah, harga (price) pegadaian menarik minat nasabah dengan cara dalam menetapkan harga mereka tidak membebani konsumen, lokasi (place) juga tempat yang digunakan dekat dengan jalan raya dan pasar sehingga mudah untuk dijangkau oleh nasabah, promosi (promotion) menyebarkan brosur, baliho, spanduk, mereka juga melakukan promosi melalui media internet yang mana mudah diakses oleh semua orang terutama bagi kaum milenial. Dalam penerapkan strategi marketing mix pada Pegadaian Syariah Padangsidimpuan sudah sesuai dengan prinsip syariah, dimana Pegadaian Syariah Padangsidimpuan tidak melakukan kegiatan yang dilarang menurut syariat seperti riba dan gharar. Dan kendala pada Pegadaian Syariah Padangsidimpuan adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pegadaian syariah dan pesaing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | M. Fauzan, M.E. dan Assa’adatul Khairiyah, M.Ak |
Keywords: | Marketing mix; Minat nasabah; Tabungan Emas; Pegadaian syariah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:27 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |