Munthe, Hafsah Sonang (2024) Upaya meningkatkan keterampilan menulis melalui metode kalimat lengkap dan konsep (completed and concept sentence) pada siswa kelas V SDN 118182 Bandar Rukun Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500257.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil nilai keterampilan menulis siswa Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 118182 Bandar Rukun, yang terlihat dari banyaknya jumlah siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dimana hal tersebut disebabkan karena kurang efektif dan metode yang digunakan oleh guru kelas masih menggunakan model konvensional selain itu, siswa kurang dalam menguasai materi serta respon siswa masih kurang selama proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis melalui metode kalimat lengkap dan konsep (Completed and concept Sentence) pada siswa kelas V SD Negeri 118182 Bandar Rukun? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keterampilan menulis siswa dengan menggunakan metode kalimat lengkap dan konsep. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang dimana dalam setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 118182 Bandar Rukun Kabupaten Labuhanbatu Utara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal essay untuk mengukur nilai keterampilan menulis siswa, observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kalimat lengkap dan konsep dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan nilai keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan dari data persentase di pra siklus yaitu 64,11%, kemudian meningkat di siklus I pertemuan I menjadi 66,47%. Selanjutnya meningkat di siklus I pertemuan II menjadi 69,41%. Kemudian meningkat di sikulus II pertemuan I menjadi 76,47% dan di siklus II pertemuan II meningkat menjadi 82,94%. Hasil skor yang dicapai dalam penelitian ini sudah mencapai indikator yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. H.Syafnan,M.Pd. dan Anita Angraini Lubis,M.Hum. |
Keywords: | Keterampilan; menulis; Metode kalimat lengkap dan Konsep; Completed and concept sentence; Siswa Kelas V SDN 118182; Bandar Rukun; Kabupaten Labuhanbatu Utara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:25 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |