Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk imitasi :studi kasus mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Indriani, Rizka (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk imitasi :studi kasus mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan dunia fashion Indonesia belakangan ini sangat pesat, terutama perkembangan produk imitasi dari brand-brand ternama. Permintaan produk imitasi semakin meningkat karena banyak diminati, terutama dikalangan mahasiswa yang memiliki daya beli terbatas namun tetap ingin mengikuti tren dan gaya hidup saat ini. Produk imitasi menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk asli, sehingga menjadi alternatif bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan anggaran. Kualitas produk imitasi yang semakin membaik juga mempengaruhi preferensi mahasiswa dengan tampilan, dan kinerja serta fungsi yang hapir mirip dengan produk asli. Gaya hidup yang cenderung konsumtif menjadi salah satu faktor pendorong keputusan pembelian produk imitasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga dan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk imitasi pada mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 70 responden diambil dari mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan tahun Angkatan 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistic yaitu SPSS 23. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji Analisa deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk imitasi pada mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk imitasi pada mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk imitasi pada mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, dan kualitas produk, harga dan gaya hidup berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk imitasi pada mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Aswadi Lubis, S.E., M.Si. dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si.
Keywords: Keputusan pembelian; Produk imitasi; mahasiswa FEBI UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:20
Last Modified: 07 Jul 2025 02:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12248

Actions (login required)

View Item View Item