Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menggunakan Shopee dalam berbelanja online

Harahap, Eprina Sari (2024) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menggunakan Shopee dalam berbelanja online. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200070..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Keputusan pembelian mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan menggunakan shopee dalam berbelanja online, di antaranya kelengkapan produk dalam toko belum maksimal, terkadang terdapat produk yang diinginkan tidak ada dalam toko, .promosi yang diberikan shopee kadang ada yang tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan dan kualitas pelayanan yang kurang membuat pelanggan kecewa karna sering terjadi ketidak sesuaikan barang yang dikirim seperti kesalahan warna, ukuran dan lain sebagainya Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kelengkapan produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam berbelanja online pada shopee?. Adapun tujuan adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kelengkapan produk, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam berbelanja online pada shopee. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yang berkaitan dengan perilaku konsumen, faktor yang memengaruhi konsumen, keputusan pembelian online, tahap-tahap dalam proses keputusan pembelian online, faktor-faktor keputusan pembelian online, indikator keputusan pembelian online, kelengkapan produk, indikator kelengkapan produk, promosi, indikator promosi, kualitas pelayanan dan indikator kualitas pelayanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. (0,1) yang berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan software SmartPLS versi 4. Model pengukuran digunakan untuk uji validitas dan reabilitas, sedangkan model struktural digunakan untuk uji kausalitas (pengujian hipotesis dengan model prediksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan produk berpengaruh secara parsial tellrhadap keputusan pembelian online, promosi bellrpellngarulh secara parsial tellrhadap keputusan pembelian online dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa institut pendidikan tapanuli selatan menggunakan shopee dalam berbelanja online. Selain itu, kelengkapan produk, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simlutan tellrhadap keputusan pembelian mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam berbelanja online pada shopee

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd.,M.M dan Ananda Anugrah Nasution,S.E.,M.Si
Keywords: Keputusan pembelian; Institut Pendidikan Tapanuli Selatan; Shopee; Berbelanja online
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2025 01:58
Last Modified: 07 Jul 2025 01:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item