Rahmadani, Wilda (2024) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis permulaan di Kelas 1 SD Negeri 200211 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1720500067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kegiatan yang dapat menghasilkan tulisan dikenal dengan menulis. Kegiatan menulis dilakukan sebagai sarana komunikasi secara tidak langsung. Menulis merupakan suatu kegiatan penyimpanan pesan dengan menggunakan tulisan sebagai mediumnya. Pesan adalah isi atau muatan yang dikandung dalam tulisan. Adapun tulisan merupakan system komunikasi antar manusia yang menggunakan symbol atau lambang bahasa yang dapat dilihat dan disepakati pemakainnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 200211 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Selatan pada materi media gambar disebabkan ketidakefektifan guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam proses pembelajaran. Kurangnya prasarana serta kurangnya keterlibatan siswa yang menunjang perjalannya proses pembelajaran menyebabkan siswa mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran media gambar berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikasi penggunaan model pembelajaran media gambar terhadap hasil belajar siswa materi menulis permulaan di Kelas 1 SD Negeri 200211 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Selatan. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang berjumlah 30 orang siswa, teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah sampling total. Berdasarkan hasil nilai rata-rata kemampuan menulis pada siswa dengan menggunakan media gambar lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan menulis pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada gambaran kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 200211 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Selatan dapat disimpulkan bahwa untuk nilai hasi skor rata-rata yaitu sebesar 89.73. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu, 4.202>2.944. Artinya dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas 1 SD Negeri 200211 Padangsidimpuan Kec. Padangsidimpuan Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Media gambar; Menulis; Kelas 1; SD Negeri 200211 Padangsidimpuan; Kec. Padangsidimpuan Selatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:38 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |