Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran al-Qur’an Hadis berbasis Google Sites di MTsN 4 Mandailing Natal

Nasution, Karnada (2024) Pengembangan media pembelajaran al-Qur’an Hadis berbasis Google Sites di MTsN 4 Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan dalam memproduksi atau menghasilkan produk media pembelajaran yang dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites di MTsN 4 Mandailing Natal, (2) untuk mengetahui tingkat validitas pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites di MTsN 4 Mandailing Natal, (3) untuk mengetahui tingkat praktikalitas pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites di MTsN 4 Mandailing Natal, (4) untuk mengetahui tingkat efektivitas pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites di MTsN 4 Mandailing Natal Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validatas untuk mengukur tingkat kevalidan dan kelayakan media dan materi pembelajaran dan uji praktikalitas untuk mengukur kepraktisan penggunaan media pembelajaran berbasis google sites pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Hasil penelitian yang didapat bahwa : (1) pemanfaatan media berbasis web masih jarang diaplikasikan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis karena cenderung menggunakan buku atau teks sehingga media berbasis google sites menjadi sebuah inovasi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 4 Mandailing Natal, (2) Tingkat kevalidan hasil pengembangan media pembelajaran yang diperoleh dari tim validator media dengan persentase 98% dengan kategori sangat valid dan validator ahli materi menunjukkan hasil sebanyak 96% dengan kategori sangat valid sehingga layak diaplikasikan dalam proses pembelajaran, (3) Tingkat kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran diperoleh dari uji praktikalitas guru dan hasil angket responden siswa. Uji praktikalitas guru didapatkan persentase 92% dengan kategori sangat praktis dan hasil responden angket siswa dari kelas VIII A sebanyak 90% dengan kategori sangat praktis, sehingga berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites masuk kategori sangat praktis. (4) tingkat efektivitas diperoleh pada kelas VIII B dengan persentase 82% kategori sangat efektif dan kelas VIII C sebanyak 87% dengan kategori sangat efektif sehingga berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Al-Qur’an hadis berbasis google sites masuk kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Media pembelajaran; Al-Qur’an Hadis; Google Sites; MTsN 4 Mandailing Natal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Jun 2025 01:43
Last Modified: 13 Jun 2025 01:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item