Ardhana, Raphli (2024) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar PJOK materi gerak dasar Kelas III SDN 200223 Aek Tampang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500251.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Peneliti menemukan kurang efesiennya pelaksanaan materi gerak dasar dan Kurang disiplinnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran (praktik) di lapangan karena faktor kurang tersistemnya kegiatan pembelajaran. Dan peserta didik yang banyak melakukan gerakan asal-asalan. Melalui penggunaan media dapat memudahkan guru dalam mengajarkan materi gerak dasar ini di sekolah dan dapat diterapkan di lapangan dan juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, salah satunya dengan penggunaan media audio visual.Rumusan Masalah Penelitian ini “ apakah ada pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Video Pembelajaran animasi) terhadap hasil belajar siswa?”. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Gerak Dasar Kelas III SDN 200223 Aek Tampang Padangsidimpuan.Penelitian ini adalah Kuantitatif, metode penelitian ini adalah eksperimen adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Jenis penelitian ini ialah One Group Preetest-Posttest yaitu sebuah eksperimen tanpa adanya kelas pembanding ( kelas kontrol ) dan adanya kegiatan tes awal juga tes akhir. Populasi Penelitian ini ialah seluruh kelas III SDN 200223 Aektampang Padangsidimpuan yang berjumlah 20 orang dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Tes tertulis tentang kemampuan gerak dasar yang diberikan kepada siswa pada diawal dan diakhir penelitian.Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa, ada pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PJOK Materi Gerak Dasar Kelas III SDN 200223 Aek Tampang Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pada pretest dan posttest pada pretest jumlah yang tuntas sebanyak 8 orang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 63,5 dan nilai presentase ketuntasan 40% kemudian saat posttest jumlah siswa yang mengalami penaikan ketuntasan belajar sebanyak 18 orang dengan nilai siswa sebanyak 79,5 dan nilai presentase ketuntasan sebesar 90%. Selisih peningkatan antara pretest dan posttest pada nilai siswa sebesar 16 dan selisih peningkatan antara pretest dan posttest ketuntasan belajar siswa sebesar 50%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Ade Suhendra, M.Pd.I. |
Keywords: | Media audio visual; Hasil belajar; PJOK; Gerak dasar; Kelas III; SDN 200223 Aek Tampang; Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 14:01 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 03:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |