Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan bahan ajar pendidikan agama islam elemen fiqih pada fase b kurikulum merdeka di SD Negeri 0707 Aliaga II Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Fatimah (2024) Pengembangan bahan ajar pendidikan agama islam elemen fiqih pada fase b kurikulum merdeka di SD Negeri 0707 Aliaga II Kecamatan Huta Raja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kondisi aktivitas belajar peserta didik rendah dan monoton, dikarenakan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru dilakukan secara monoton tanpa penggunaan media yang sesuai, dan contoh-contoh materi pelajaran yang diberikan guru masih kurang menarik perhatian peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi belajar peserta didik, hasil penilaian yang diperoleh peserta didik masih banyak yang berada di bawah rata-rata yaitu 70. Nilai terendah peserta didik pada mata pelajaran PAI adalah 65, dan nilai peserta didik tertinggi adalah 75. Sedangkan nilai rata-rata peserta didik pada semester ganjil adalah 69. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana bahan ajar PAI di SDN 0707 Aliaga II Kec. Huta Raja Tinggi, Kab. Padang Lawas? (2) Bagaimana validitas, praktikalitas dan efektifitas desain bahan ajar Fiqih Fase B Kurikulum Merdeka?. Sedangkan tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui bahan ajar PAI di SDN 0707 Aliaga II Kec. Huta Raja Tinggi, Kab. Padang Lawas. (2) Untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas desain bahan ajar Fiqih Fase B Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Subyek penelitian Guru PAI yang berada di SD Negeri 0909 Aliaga. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan, daftar wawancara, dan instrumen uji kelayakan materi panduan, instrument uji kelayakan tampilan panduan dan instrument uji keterpakaian panduan. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis nonparametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall’s (W) dan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yang digunakan guru PAI layak dari isi dan materi sebagai media dalam proses pembelajaran, (2) bahan ajar dapat digunakan oleh guru PAI dan dapat dimplementasikan dengan baik kepada siswa, (3)tingkat kelayakan materi berada pada kategori sangat layak dengan persentase 88,62%, dan tampilan berada pada kategori sangat layak dengan persentase 89,28%, dan tingkat penggunaan panduan pada guru PAI berada pada kategori baik dengan persentasi 74,66%. Adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil pemahaman siswa setelah guru PAI menggunakan bahan ajar yang telah dirancang menggunakan model ADDIE, sehingga bahan ajar ini dapat dikatan efektif untuk digunakan guru PAI dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Bahan ajar; Pendidikan agama islam; Fiqih; Fase b kurikulum merdeka; SD Negeri 0707 Aliaga II; Kecamatan Huta Raja Tinggi; Kabupaten Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Jun 2025 01:43
Last Modified: 13 Jun 2025 01:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item View Item