Rahayu, Widia Selpi (2024) Penerapan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 157625 Hutabalng 5. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 157625 Hutabalang 5. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya kesungguhan belajar dari sisi model pembelajaran yang menoton dan kurang tertariknya peserta didik terhadap model pembelajaran yangdigunakan oleh guru yaitu masih dengan menggunakan metode ceramah sehingga dapat menghasilkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat model pembelajaran Make A Match yang dapat membuat pelajaran ini dapat mudah dipahamai oleh siswa dan efesien dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada peneltian ini ada adalah apakah penggunaan model pembeajaran Make a Match dapat menngkatkan hasil belajar peserta didik pada materi organ tubuh manusia di kelas V SD Negeri 157625 Hutbalang 5?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Make a Match di kelas V SD Negeri 157625 Hutabalang 5. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, 4 kali pertemuan yang terdiri dari peremcanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan instrument penelitian menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V meningkat dan dapat dibuktikan dengan pemberian tugas individu, siswa dapat mengetahui dan memahami materi dengan baik setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match tersebut, sehingga hasil belajar siswa meningkat pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 59,16 sebesar 40 % dan siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 65 sebesar 60% dan siklus II pertemun I dengan nilai rata-rata 74,16 sebesar 75% dan siklus II pertemuan II dengan nilai ratarata 80 sebesar 90% setelah menerapkan model Make A Match dapat mencapai nilai yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Ade Suhendra, M.Pd.I |
Keywords: | Model pembelajaran make a match; Hasil belajar; Siswa; IPA: Kelas V; SD Negeri 157625 Hutabalng 5 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:37 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |