Rais, Muhammad (2024) Analisis bauran pemasaran pada UMKM Lemang di Kota Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Banyak strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengembangan usaha dan menarik konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Salah satu strategi yang banyak digunakan oleh pemilik usaha adalah bauran pemasaran (marketing mix). Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan bauran pemasaran 4P yang dilakukan oleh UMKM Lemang di kota Tebing Tinggi mengingat terjadinya Covid-19 yang menyebabkan banyak usaha yang gulung tikar dan juga tingginya tingkat persaingan pasar dengan UMKM lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran dan strategi pemasaran dengan pendekatan analisis SWOT pada UMKM Lemang. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran dengan pendekatan analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para pedagang Lemang dan juga pembeli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan matriks IFAS, Matriks EFAS, dan Matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini yaitu: UMKM Lemang di kota Tebing Tinggi berada pada posisi kuadaran I yaitu strategi growth. Strategi pengembangan yang harus dilakukan adalah strategi S-O, yaitu meningkatkan strategi pemasarannya. UMKM Lemang harus terus meningkatkan jumlah dan kualitas produknya dan juga memanfaatkan digital marketing dalam memasarkan produknya. Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media online dengan memanfaatkan jaringan sosial media dan juga website. Impikasi dari hasil penelitian ini adalah UMKM Lemang mengetahui kelemahan dari strategi yang digunakan dan analisis SWOT memberikan implikasi praktis secara langsung karena dengan melakukan hal tersebut sebuah perusahaan dapat melihat sejauh mana perkembangan usaha tersebut baik dari aspek internal maupun eksternal dari perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E dan Ananda Anugrah Nasution, M.Si |
Keywords: | Bauran pemasaran; UMKM Lemang; Kota Tebing Tinggi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:13 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |