Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis komparatif daya saing platform e-commerce dalam negeri dan luar negeri

Ningtiyas, Endah Ayu (2024) Analisis komparatif daya saing platform e-commerce dalam negeri dan luar negeri. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200241.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perdagangan secara online atau yang biasa disebut e-commerce merupakan bagian dari e-business yang menggunakan teknologi berbasis data surat elektronik, teknologi jaringan (e-mail). Perkembangan bisnis secara online di Indonesia begitu pesat dan dilihat dari animo masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli secara online. Belanja online adalah berbelanja dengan menggunakan alat komunikasi elektronik, seperti smartphone dan lainnya. Shopee dan Tokopedia merupakan 2 platform yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Shopee merupakan platform dari luar negeri dan Tokopedia merupakan platform dari dalam negeri. Shopee merupakan e-commerce dengan kunjungan situs terbanyak di Indonesia sepanjang tahun 2023. Mayoritas masyarakat Indonesia terkhususnya pada mahasiswa lebih cenderung dalam penggunaan platform e-commerce Shopee daripada Tokopedia. Menurut mahasiswa yang di wawancarai, ternyata masih banyak yang tidak mengetahui bahwa Shopee tersebut merupakan platform dari luar negeri dan Tokopedia merupakan platform dari dalam negeri. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan daya saing di Shopee dan Tokopedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau membuktikan perbedaan daya saing di Shopee dan Tokopedia. Pembuktian daya saing dilakukan dengan beberapa indikator yaitu harga, kualitas produk, tingkat keamanan, kualitas pelayanan dan etika bersaing dalam Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Syahada Padangsidimpuan angkatan 2020 yang berjumlah 1.646 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode accidental sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dengan menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (Independent Samples T Test) dengan alat yang digunakan adalah Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara daya saing Shopee dan Tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si.
Keywords: Analisis komparatif; Daya saing; Platform; E-commerce; Dalam negeri; Luar negeri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 23 May 2025 04:13
Last Modified: 23 May 2025 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12170

Actions (login required)

View Item View Item