Nasution, Rizky Amaliah (2024) Dampak penggunaan gadget pada anak di Desa Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2030200037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan gadget secara terus menerus akan berdampak positif dan negatif bagi anak-anak dalam kesehariannya. Anak-anak yang cenderung terus-menerus menggunakan gadget akan sangat tergantung dan menjadi kegiatan yang harus dan rutin dilakukan oleh anak dalam aktifitas sehari-hari. Tidak dipungkiri saat ini anak lebih sering bermain gadget dari pada belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Penggunaan gadget pada anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus bagi orang tua. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aplikasi apa saja yang digunakan anak pada gadget dan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada anak di Desa Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dapat menghasilkan data secara deskripsi yang berupa kata-kata atau tulisan. Dengan sumber data yang didapat yaitu data primer yaitu 11 anak yang menggunakan gadget di Desa Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal dan data sekunder 11 orang tua, 5 teman sebaya, 5 tetangga dan 1 Kepala Desa Jambur Padang Matinggi Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi non partisipan, wawancara tersturuktur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran dan pengetahuan lebih dalam mengenai penggunaan gadget pada anak dengan pengawasan orang tua dan juga menambah ilmu dan pengetahuan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa intensitas penggunaan gadget tinggi mencapai 3 sampai 6 jam perhari, aplikasi yang sering digunakan anak pada gadget yaitu main game, You Tube dan TikTok. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak akan berdampak positif pertama; berkembangnya imijinasi anak seperti melihat gambar kemudian menggambarkannya sesuai imijinasinya yang melatih daya pikir tanpa dibatasi oleh kenyataan, kedua; melatih kecerdasan dalam hal ini anak dapat terbiasa dengan tulisan, angka, gambar yang membantu melatih proses belajar dan ketiga; meningkatkan rasa percaya diri saat anak memenangkan suatu permainan akan termotivasi untuk menyelesaikan permainan. Selain itu berdampak negatif juga diantaranya yang pertama; malas menulis dan membaca contohnya anak akan semakin malas untuk membaca buku dan menulis pelajaran ketika ada tugas dari sekolah, kedua, penurunan dalam kemampuan bersosialisasi contohnya anak akan kurang bermain dengan teman di lingkungan sekitarnya, pribadi tertutup, susah bergaul dan tidak memperdulikan keadaan di sekelilingya, ketiga dapat menimbulkan gangguan kesehatan mata karna paparan radiasi yang ada pada gadget.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Fauzi Rizal, S.Ag., M.A. dan Chanra, S.Sos.I., M.Pd.I |
Keywords: | Gadget; Anak; Desa Jambur Padang Matinggi; Kecamatan Panyabungan Utara; Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:49 |
Last Modified: | 27 May 2025 08:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |