Nasution, Desi Rahmadani (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan SMA N 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020800012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran karena guru menggunakan metode ceramah sehingga tercipta suasana yang kurang aktif yaitu siswa duduk dan mendengarkan penjelasan guru, terdapat beberapa siswa yang tidak mampu menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan guru, memberikan contoh, menafsirkan dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari sehingga permasalahan menunjukkan pemahaman konsep peserta didik masih kurang maksimal dan kemampuan menguasai konsep materi sebagian siswa masih dapat dikatakan kurang maksimal. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Barumun. Sampel pada penelitian ini kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-G sebagai kelas kontrol yang sama-sama berjumlah 30 siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata- rata postest kelas kontrol sebesar 65,75 dan postest kelas eskperimen sebesar 89. Disimpulkan terdapat pengaruh menggunakan model group investigation dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan thitung 8,629 > 2,00172. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap pemahaman konsep biologi siswa SMA N 1 Barumun Kabupaten padang Lawas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar,S.Psi., M.A. dan Fery Kurniawan Hasibuan, M.Si. |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; Group investigation; Pemahaman konsep; Siswa; Pencemaran lingkungan; SMA N 1 Barumun; Kabupaten Padang Lawas |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:47 |
Last Modified: | 27 May 2025 08:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12164 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |