Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kegiatan bermain finger painting terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan

Pane, Sarifah Asmi (2024) Pengaruh kegiatan bermain finger painting terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020600013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yang terkait dengan anak yang belum bisa menuliskan namanya sendiri dengan jelas. Hal ini di tandai dengan anak belum bisa menggerakkan pergelangan tangan dan otot-otot kecil anak, anak masih kaku dalam memegang alat tulis, kelenturan tangan anak belum kuat. hasil tersebut membuktikan bahwa pengetahuan dan kemampuan anak dalam menulis permulaan belum berkembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment design. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Walaupun demikian desain ini lebih baik dari pre-eksperimental design. Quasi eksperiment design digunakan karena pada kenyataannya sulit mendapatkan kelompok kontrol yang digunakan untuk peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan bermain finger painting terhadap kemampuan permulaan menulis usia 4-5 tahun. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata pretest sebesar 9,18, dihasilkan dari pengurangan pretest (16,68) dan posttest (25,86) terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan bermain finger painting terhadap kemampuan permulaan menulis anak usia 4-5 tahun di RA Darul Ulum Sadabuan Kota PadangSidimpuan. Hipotesis diuji dengan hasil diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu T hitung > T tabel yaitu T hitung = 4,690 > T tabel = 2,228, jika T hitung lebih besar dari T tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh kegiatan bermain finger painting terhadap permulaaan menulis nak usia 4-5 tahun di RA Darul Ulum Sadabuan Kota PadangSidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Sakinah Siregar, M. Pd.
Keywords: Bermain; Finger painting; Kemampuan menulis; Anak usia 4-5 tahun; RA Darul Ulum Sadabuan; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 23 May 2025 03:45
Last Modified: 27 May 2025 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item