Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media sosial tiktok dalam meningkatkan personal branding mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hasibuan, Irna Amelia (2024) Penggunaan media sosial tiktok dalam meningkatkan personal branding mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2030100023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kemunculan media sosial TikTok dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan personal branding. Meskipun banyak mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini, tidak semua memanfaatkannya untuk membangun personal branding. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penggunaan media sosial TikTok serta strategi dalam meningkatkan personal branding. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan media sosial TikTok serta strategi mahasiswa dalam meningkatkan personal branding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teori personal branding self prasentation dari Tom Peters sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pertama penggunaan media sosial TikTok masih belum banyak dimanfaatkan untuk membangun personal branding oleh mahasiswa KPI serta kurangnya kesadaran akan potensi TikTok yang sangat besar dalam membangun personal branding dari 45 informan data primer dan data skunder hanya 13 mahasiswa yang aktif dalam membuat konten tentang personal branding. Kedua Strategi yang dapat dilakukan mahasiswa adalah membuat postingan yang informatif dan edukatif untuk mempekuat citra positif, membuat jadwal postingan secara teratur untuk menjaga konsistensi dalam menyebarkan konten, aktif menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh aplikasi TikTok, selalu membagikan konten dakwah dan motivasi Islam untuk memperluas jangkauan audiens

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Icol Dianto, S.Sos., M.Kom.I dan Nurfitriani M. Siregar, S.Sos.I., M.Kom.I
Keywords: Media sosial; Tiktok; Personal branding; Mahasiswa; Program studi; Komunikasi; Penyiaran Islam; UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 23 May 2025 08:17
Last Modified: 23 May 2025 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12157

Actions (login required)

View Item View Item