Suryani, Wita Widia (2024) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan mind maping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020800016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan siswa sebagai pendengar yang pasif. Sehingga siswa merasa bosan dalam proses belajar yang mengakibatkan kemampuan berpikir kreatif siwa rendah. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan mind mapping. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan Mind Maping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan Mind Maping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan motode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 6 Muara Batang Gadis yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 49 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang sudah divalidasi. Data dianalisis dengan uji t setelah terpenuhi uji normalitas dan uji homogenitas hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 81 dan kelas kontrol sebesar 63. Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran pembelajaran discovery learning berbantuan Mind Maping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Hasil diperoleh dari nilai signifikan 0,05 yaitu t_hitung > t_(tabel ) dengan taraf 5% sehingga 6,599 > 1,677 maka H0 ditolak Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Discovery learning; Mind maping; Berpikir kreatif; Siswa; Materi struktur; Fungsi tumbuhan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:55 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |