Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode bercerita dalam membentuk karakter keberanian anak usia dini di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan

Yusra, Ika (2024) Penerapan metode bercerita dalam membentuk karakter keberanian anak usia dini di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020600017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian Tindakan kelas di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan, berdasarkan hasil observasi awal yang di lakukan di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan dari pengamatan peneliti anak yang suka diam dan duduk saja tanpa mau ketika di suruh ke depan dari 15 jumlah anak ada 9 siswa yang masih malu-malu dan tidak percaya diri kedepan menggunakan metode bercerita. Oleh karena itu metode yang meningkatkan karakter keberanian adalah metode bercerita. Keberanian merupakan karakter yang dapat dibentuk oleh setiap orang. Pembiasaan baik untuk pembentukan karakter pada anak tidak cukup sampai pada lingkungan keluarga sehingga kebiasaan di lingkungan sekolah juga perlu diterapkan salah satu yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih metode yang diberikan kepada anak dengan menggunakan bahasa yang mudah di pahami dan media yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pengaruh metode bercerita dalam membentuk karakter keberanian siswa kelas B di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padang Sidimpuan . Jumlah subjek sebanyak 15 siswa yang merupakan siswa kelas B RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan Data diperoleh melalui observasi. Berdasarkan hasil penelitian pada pra-siklus, siklus I dan siklus II yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat membentuk karakter keberanian siswa kelas B di RA Darul Ulum Sadabuan Kota Padangsidimpuan dengan hasil pra siklus sebelum menggunakan boneka tangan hanya terdapat 2 anak (13%) yang memiliki tingkat keberanian yang sangat baik dan pada siklus I sesudah menggunakan boneka tangan anak dengan tingkat keberanian sangat baik ada 4 orang atau (27%) siklus II mulai berkembang 7 %, berkembang sesuai harapan 7 % dan hasil berkembang sangat baik mencapai 86%,. Hal ini terlihat dari adanya perkembangan yang telah mencapai indikator dalam berani dan tampil percaya diri ketika bercerita, menunjukkan sikap anak mampu mengendalikan rasa takut, anak mampu menghadapi tantangan dengan menjawab pertanyaan, anak berani menyampaikan pendapat, anak perani dan tampil percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi dan Rahmadani Tanjung, M.Pd
Keywords: Metode bercerita; Karakter; Keberanian; Anak usia dini; RA Darul Ulum Sadabuan; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 23 May 2025 02:46
Last Modified: 23 May 2025 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item View Item