Harahap, Putri Syarah (2024) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model Role Playing pada Siswa Kelas IV di SD 200403 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500172.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 200403 Padangsidimpuan. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai ulangan siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa, dan banyak hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKTP. Kemudian model yang digunakan kurang menarik perhatian siswa dan kurang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung karena gaya belajar yang membosankan, serta siswa kurang mengikuti dan mendengarkan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Role Playing di kelas IV SD Negeri 200403 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bekerjasama dengan guru wali kelas IV SD Negeri 200403 Padangsidimpuan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 200403 Padangsidimpuan, dan peserta penelitian berjumlah 26 orang siswa kelas IV. Tugas tes soal dan lembar observasi digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian melalui penerapan model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas IV SD Negeri 200403 Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata siswa 50,19 dan persentase ketuntasan 34,61%. Pada siklus I pertemuan I nilai rata- rata siswa mencapai 57,69 dengan persentase ketuntasan 43,20%. Sedangkan pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata siswa 66,53 dengan persentase ketuntasan sebesar 53,84%. Kemudian pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 69,61 dengan persentase ketuntasan 65,38%. Dan pada siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata- rata siswa yaitu 80,76 dengan persentase ketuntasan mencapai 84,61%. Oleh karena itu, hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II meningkat melalui pengaplikasian model Role Playing. Penelitian kemudian selesai pada Siklus II karena target indikator keberhasilan peneliti telah tercapai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Bahasa Indonesia; Model Role Playing; Siswa Kelas IV; SD 200403; Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:43 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |