Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Talking Stick di Kelas V SDN 200405 Padangsidimpuan Hutaimbaru

Nurhasanah, Nurhasanah (2024) Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Talking Stick di Kelas V SDN 200405 Padangsidimpuan Hutaimbaru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Termasuk mengenai materi membandingkan dua teks informasi pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara belajar siswa di dalam kelas pada pembelajaran bahasa Indonesia masih monoton dan masih terfokus kepada guru. Minimnya ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran karena kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa merasa bosan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Peneliti mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model Talking Stick. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan bahwa menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi membandingkan dua teks informasi dan untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal di kelas V SDN 200405 Padangsidimpuan Hutaimbaru, subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi dengan guru wali kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi dan menggunakan analisis data kuantitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model Talking Stick mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase 33,33% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 orang dengan persentase 66,66% . Siklus I pertemuan ke II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase ketuntasan 50% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang dengan persentase 50%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase ketuntasan 70,83% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang dengan persentase 29,16%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang dengan persentase ketuntasan 87,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase 12,5%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi membandingkan dua teks informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Hasil belajar; Siswa; Pelajaran Bahasa Indonesia; Model Talking Stick; Kelas V; SDN 200405 Padangsidimpuan Hutaimbaru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 May 2025 09:43
Last Modified: 23 May 2025 09:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12142

Actions (login required)

View Item View Item