Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun melalui bermain bahan alam di TK Al-Muhajirin Padangsidimpuan

Wati, Rahma (2024) Upaya meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun melalui bermain bahan alam di TK Al-Muhajirin Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020600004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitien ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan kreativitas anak masih belum berkembang secara maksimal. Diantaranya, anak malas bergerak ketika diperintahkan untuk ikut bermain ditandai dengan ciri-ciri anak suka diam dan duduk saja tanpa mau ikut serta dalam bermain, anak masih malu-malu atau tidak percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya/ide, dan penggunaan strategi bermain bahan alam belum dilakukan dengan sebaik mungkin sehingga kreativitas anak belum berkembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana permainan bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Al-Muhajirin Padangsidimpuan? Apa saja faktor pendukung dan manfaat bahan alam dalam meningkatan kreativitas anak usia4-5 tahun di TK Al- Muhajirin Padangsidimpuan?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permainan bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 taahun di TK Al-Muhajirin Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh pendidik yang sekaligus sebagai peneliti. Dalam hal ini Suharsimi Arikanto bahwa secara garis besar penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflekksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan bahan alam upaya meningkatkan kreativitas anaak usia 4-5 tahun melalui bermain bahan alam di TK Al-Muhajirin Padangsidimpuan sudah berkembang dengan baik melalui kegiatan bermain bahan alam dengan menggunakan strategi yaitu mengenalkan cara bermain bahan alam mulai dari mengoleskan lem pada gambar, mengenalkan cara menempelkan bahan alam dengan benar, dan mengajarkan cara menyusun bahan alam dengan benar sehingga memperoleh gambar yang bagus. Peningkatan dapat dilihat darii setiap siklusnya, Pada Siklus I Pertemuan I sebesar 52,86%, Siklus I Pertemuan II sebesar 63,8%, Siklus II Pertemuan I sebesar 75,77%, Siklus II Pertemuan II sebesar 87,49%, dengan nilai rata-rata Siklus I sebesar 58,33%, Siklus II sebesar 81,63%.Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usi 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Kreativitas anak; Usia 4-5 tahun; Bermain bahan alam; TK Al-Muhajirin; Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 23 May 2025 02:44
Last Modified: 23 May 2025 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12139

Actions (login required)

View Item View Item