Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas 3 MIN 3 Padangsidimpuan

Putri, Wiwin Tamara (2024) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas 3 MIN 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan model yang digunakan lebih banyak menggunakan model konvesional tanpa didukung model pembelajaran yang lain, sehingga siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran contextual Teaching and learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 di MIN 3 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas 3 di MIN 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis Taggart dalam beberapa siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 MIN 3 Padangsidimpuan dengan jumlah siswa 20. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I sampai siklus II, dimana pada pra siklus nilai rata-rata 55% dalam kategori kurang kemudian pada siklus I nilai rata-rata 72,5% dalam kategori baik dan siklus II nilai rata-rata 87% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 MIN 3 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran; Contextual Teaching and Learning; Hasil belajar; IPA; Kelas 3; MIN 3 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 23 May 2025 09:40
Last Modified: 23 May 2025 09:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item