Khodijah, Khodijah (2024) Dampak penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial anak usia 4-6 tahun di Desa Bonan Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020600008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul mengenai Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di Desa Bonan Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasanya adanya dampak penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial anak. Hal tersebut dilihat dari anak kurang merespon panggilan orang tua karena fokus terhadap smartphone yang ditangan anak, anak tidak bersifat empati kepada teman sebayanya dan anak kurang pandai bergaul dengan teman sebaya dan lingkungan sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial anak usia 4-6 tahun di Desa Bonan Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dampak penggunaan smartphone terhadap keterampilan sosial anakk usia 4-6 tahun di Desa Bonan Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Metedologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan metode deskriptip yaitu peneliti berusaha menggambarkan apa adanya. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Bonan Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal tidak berdampak pada keterampilan sosial anak. Peneliti mengatakan hal tersebut, karena peneliti sudah mewawancarai dan melakukan observasi di lokasi penelitian. Dimana dari sepuluh anak, dua anak yang keterampilan sosialnya yang tidak berkembang baik karena setelah menggunakan smartphone anak lebih diam dirumah dan tidak mau keluar. Ini juga terjadi karena orang tua yang tidak menggunakan durasi dalam menggunakan smartphone sehingga anak lebih tertarik menggunakan smartphone daripada bermain di luar rumah. Satu anak lagi yang keterampilan sosialnya kurang berkembang baik, ini terjadi karena faktor keluarga dan faktor lingkungan . Peneliti mengatakan hal tersebut karena anak lebih sering bermain dengan anak yang lebih tau darinya dan orang tua juga tidak memberikan durasi ketika menggunakan smartphone. Sedangkan tujuh anak memiliki keterampilan sosial yang baik, dikatakan baik karena perkembangan keterampilan sosial anak sesuai dengan indikator, yaitu anak menghargai orang lain, menghargai hak orang lain, mau berbagi, mempunyai rasa empati dan mampu bermain dengan teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Smartphone; Keterampilan sosial; Anak usia 4-6 tahun; Desa Bonan Dolok; Kecamatan Siabu; Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 16 May 2025 08:04 |
Last Modified: | 26 May 2025 04:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |