Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan

Widayani, Rianida Mega (2024) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020600039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yang terkait dengan anak yang belum bisa mengenal warna dengan baik. Hal ini karena anak sulit membedakan warna sesuai jenis warna yang telah di tentukan. Hasil tersebut membuktikan bahwa kemampuan anak dalam mengenal warna belum berkembang dengan baik. Jenis Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap aktivitas anak dalam mengenal warna. Subjek penelitian ini adalah 15 anak berusia 5-6 tahun di RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi. Tujuan dari penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah di atas adalah sebagai berikut: Untuk Peningkatan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usai 5-6 tahun RA AL-QUR’AN DINA. Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak untuk memiliki pengalaman melakukan suatu proses percobaan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuam mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas dalam pelaksanaan penelitian subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun RA AL-QUR’AN DINA yang terdiri dari 7 anak laki- laki dan 8 orang anak perempuan serta satu guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi (check list). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna dapat meningkat dengan metode eksperimen. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan percobaan tentang warna yang bersifat sederhana dan menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada pratindakan, siklus I dan siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada pratindakan yaitu 41,66% meningkat di siklus I dengan persentase sebesar 54,66% dan meningkat mencapai 80,56% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Mengenal warna; Metode eksperimen; Anak usia 5-6 tahun; RA Al-Qur’an Dina Padang Matinggi; Kecamatan Padangsidimpuan Selatan; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 May 2025 07:55
Last Modified: 23 May 2025 04:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item View Item