Nasution, Jahra (2024) Pengaruh lebel halal, religiusitas, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan ringan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah dalam memperhatikan label halal pada kemasan produk pada saat mengambil keputusan pembelian. Secara label halal,religiusitas,kualitas produk mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Prodi Ekonomi Syariah angkatan 2021 ketika memilih produk makanan ringan masih ada yang tidak melihat lebel halal nya,unsur keagaamannya dan kualitas produk yg sering menyebabkan mereka jatuh sakit Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh lebel halal halal, religiusitas, kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan ringan Chitato pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 61 orang. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi (R square). Dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Label halal, Religiusitas, Kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan ringan Chitato yaitu signifikan t hitung < t tabel. Artinya Lebel halal, Religiusitas, Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan ringan. Dari hasil uji simultan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh Lebel halal, Religiusitas, Kualitas produk berpengaruh secara bersama – sama terhadap keputusan pembelian makanan ringan. Pengaruh dapat dijelaskan oleh besarnya signifikan sebesar F hitung > F tabel. Adapun hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,808 artinya kontribusi variabel lebel halal, Religiusitas, Kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 80,8% sedangkan 19,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Damri Batubara, M.A dan Risna Hairani Sitompul, MM |
Keywords: | Lebel halal; Religiusitas; Kualitas produk; Pembelian makanan ringan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:54 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |