Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas strategi mastery learning dalam pembelajaran membaca pemahaman teks pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Lubis, Putri Adelina (2024) Efektivitas strategi mastery learning dalam pembelajaran membaca pemahaman teks pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2021000017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Persoalan ini disebabkan sedikitnya perbendaharaan kosa kata, latar belakang pengetahuan yang dimiliki masih kurang, jarang membaca teks dan strategi pembelajaran kurang tepat. Sehingga perlu diterapkan strategi mastery learning untuk mengantisipasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi mastery learning, untuk menguji keefektifan strategi mastery learning dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah tes, observasi, dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan rumus Uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest diperoleh 68.50 termasuk dalam kategori kurang sedangkan hasil posttest yaitu setelah pembelajaran menggunakan strategi mastery learning diperoleh nilai rata-rata sebesar 90.50 berada pada kategori baik dengan demikian ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan strategi mastery learning. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai thitung lebih besar dibanding dengan nilai ttabel yakni (6.525> 1.734), kemudian nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima, artinya “Strategi mastery learning efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Anita Angraini Lubis, M.Hum.
Keywords: Strategi mastery learning; Membaca; Pemahaman teks; Siswa Kelas VIII; SMP Negeri 5 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 16 May 2025 07:52
Last Modified: 26 May 2025 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12119

Actions (login required)

View Item View Item