Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 156483 Pasar Sorkam 3

Simatupang, Ela Safira (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 156483 Pasar Sorkam 3. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
ELA SAFIRA SIMATUPANG pdf - Ela Simatupang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang Masalah penelitian ini adalah rendanya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat belajar pesarta didik untuk ikut aktif dalam pembelajaran IPA. Sehingga, berdampak pada hasil belajar siswa. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV di SD Negeri 156483 Pasar Sorkam 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture.Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi di SD Negeri 156483 Pasar Sorkam 3. Subyek penelitian ini adalah 12 siswa kelas IV, 6 laki-laki dan 6 perempuan. Dari hasil penelitian ini, hasil belajar instrument bagian-bagian tumbuhan dan fungsinyadari pre test yang rata-rata skor 70 menjadi skor rata-rata siswa 72,5 sebesar 41,6% (5 dari 12 siswa). Pada siklus I pertemuan II rata rata nilai siswa 74,1 dan ketuntasan siswa 58,3% (7 dari 12 siswa). Nilai rata-rata siswa adalah 80 dengan tingkat ketuntasa 66,6% (8 dari 12 siswa) dan pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa adalah 81,6 dan tingkat ketuntasan 83%. Hasil skor yang dicapai dalam penelitian ini sudah mencapai indikator. Berdasarkan Penelitian yang sudah dilakukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningktkan hasil belajar IPA Siswa di kelas IV SD Negeri 156483 pasar sorkam 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Asriana Harahap, M. Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Kooperatif tipe picture and picture; Hasil belajar; IPA; Siswa; Sekolah Dasar Negeri 156483; Pasar Sorkam 3
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 May 2025 07:42
Last Modified: 16 May 2025 07:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12114

Actions (login required)

View Item View Item