Hamidah, Nur (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis webseries pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250100036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian Perkembangan teknologi yang membuat generasi milinial khususnya peserta didik banyak yang memilih gadget dari pada buku cetak sebagai sumber belajar. Faktor minat baca yang rendah terhadap buku mengakibatkan rendahnya hasil belajar dan keterbatasan penggunaan media yang di gunakan pendidik salah satu indikasi kurang kondusifnya pembelajaran. Mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang imajinasi peserta didik yaitu berupa media pembelajaran berbasis webseries. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimanakah validitas mengembangkan media pembelajaran berbasis web series pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)? Bagaimanakah efektitivitas pengembangan media pembelajaran berbasis web series mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)? Bagaimanakah praktikalitas hasil media pembelajaran fiqih berbasis berbasis web series mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)? Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model 4-D. Model ini terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu define, design, development, dan disseminate. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII J di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mandailing Natal dan peserta didik kelas VII C Madrasah Tsanawiyah Mardiyah Islamiyah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis validitas, dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Validitas kelayakan produk dinyatakan valid, berdasarkan validasi intrumen angket oleh ahli materi dan ahli media dengan presentase untuk ahli materi 93,1% kriteria “sangat layak”. Ahli media 94% kriteria “sangat layak”. Tingkat efektifitas produk diperoleh dari hasil sebelum dan sesudah menerapkan media webseries dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mandailing dan Madrasah Tsanawiyah Mardiyah Islamiyah masuk dalam kategori baik. Jadi, seluruh peserta didik dinyatakan tuntas belajar dengan presentase ketuntasan belajar 100%. Tingkat praktikalisasi yang diperoleh denganrata-rata 92% kategori sangat praktis dari uji coba dan mendapatkan tingkat praktikalitas dari guru dengan rata-rata 92% termasuk dalam kategori praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Fauziah Nasution, M.Ag |
Keywords: | Media pembelajaran; Webseries; Sejarah kebudayaan islam; MTs Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080612 Interorganisational Information Systems and Web Services 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:47 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |