Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu pop up book untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang

Situmorang, Wahyuni Sahara (2024) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu pop up book untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas V SD Negeri 200508 Sihitang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa yang disebabkan karena proses pembelajaran yang hanya melibatkan beberapa siswa. Hal ini dibuktikan oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas V SD Negeri 200508 Sihitang terhadap proses pembelajaran menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung bersifat melibatkan siswa. Guru menggunakan metode demonstrasi pada saat melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang berasal dari lingkungan sekitar. Akan tetapi hanya sedikit siswa yang mampu terlibat dari awal persiapan demonstrasi hingga pada saat demonstrasi dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan guru kelas bahwa hanya sedikit siswa yang membawa media pembelajaran untuk melaksanakan demonstrasi pembelajaran, akibatnya siswa yang lain merasa tidak memiliki tanggung jawab untuk berperan serta menyediakan alat dan bahan untuk melaksanakan praktik pembelajaran. Selain itu masih ada beberapa siswa yang belum mampu berkomunikasi dengan baik ketika diminta untuk mengkomunikasikan hasil pemahamannya terkait proses demonstrasi yang dijelaskan guru dan dilaksanakan oleh siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan menarik minat serta antusias belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu Pop Up Book materi Ekosistem. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 200508 Sihitang, diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantu Pop Up Book materi Ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas V. Hal ini dapat dilihat pada setiap siklus penelitian. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas adalah 48,16 dan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 21,05%, pada siklus I pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas menjadi 76,84 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 58%, pada siklus II pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas 85,26 dengan persentase ketuntasan belajar menjadi 84,21%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S. Ag, M.Pd. dan Misahradarsi Dongoran,M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Two Stay Two Stray; Media pop up book; Hasil belajar; Kognitif Siswa; Materi Ekosistem; Kelas V; SD Negeri 200508 Sihitang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 16 May 2025 07:37
Last Modified: 16 May 2025 07:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12105

Actions (login required)

View Item View Item