Dari, Eva Kori Ulan (2024) Penerapan metode pembelajaran aktif Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan hasil belajar tematik Siswa di Kelas V UPTD SDN 55 Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pelaksanaan proses pembelajaran di UPTD 55 Asam Jawa masih belum menciptakan hasil belajar yang maksimal, dibuktikan dengan pemberian pre test kepada siswa sebagian besar siswa tidak masuk kategori tuntas dalam menjawab pre test. Hal ini mungkin disebabkan karena guru kurang memperhatikan kondisi peserta didik. Kemudian materi yang diberikan secara sekaligus akan sulit diingat dan dipahami. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah dengan menerapkan metode pembelajaran aktif Nabi Muhammad SAW dapat meningkatkan hasil belajar Tematik di kelas V UPTD SDN 55 Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tematik siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan sifat benda di kelas V UPTD SDN 55 Asam Jawa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus yang dimana setiap siklus melewati empat tahapan: Perencanaan, tindakan dan observasi, Refleksi. Dimana tindakan dan observasi dilakukan secara bersamaan. Kemudian apakah pelaksanaan siklus I berhasil apabila belum berhasil maka dilanjutkan siklus II dengan adanya revisi rencana sesudah refleksi siklus satu dan sebelum dimulai siklus II. Hasil penelitian menggunakan metode pembelajaran aktif Nabi Muhammad SAW pada materi perubahan sifat benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Terlihat dari peningkatan hasil belajar pemahaman konsep siswa yang terus meningkat disetiap pertemuan. Pada siklus I pertemuan I siswa yang tuntas ada 1 siswa dengan rata-rata 53,46 dan presentase 9,09%. Siklus I pertemuan II siswa yang tuntas 6 Siswa dan mempunyai nilai rata-rata 72,7 dengan presentase 54,5%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas 8 siswa dengan nilai rata-rata 76,19 dengan presentase 72,7%. Siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dengan nilai rata-rata 83,1 Dengan presentase 90,90%. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan metode pembelajaran aktif Nabi Muhammad SAW dapat meningkatkan hasil belajar Tematik yang berfokus pada muatan IPA materi perubahan sifat benda siswa kelas V UPTD SDN 55 Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdusima Nasution, M.A. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Keywords: | Metode pembelajaran; Nabi Muhammad SAW; hasil belajar; Siswa; UPTD SDN 55 Asam Jawa; Kecamatan Torgamba; Kabupaten Labuhan Batu Selatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:35 |
Last Modified: | 22 May 2025 09:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |