Tarihoran, Ilda Mayada (2024) Analisis sifat kemandirian anak usia 5-6 tahun melalui pemberian dua kalimat perintah Sekaligus di TK IT Al-Ikhsan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020600021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah belum berkembangnya sifat kemandirian pada anak usia dini merupakan kendala bagi anak untuk mengikuti pendidikan selanjutnya. Oleh sebab itu, pentingnya ditanamkan kemandirian pada anak sejak dini karena dengan melatih anak mandiri, anak tidak akan mudah bergantung pada orang lain dan dapat tumbuh menjadi anak yang memiliki jiwa yang kuat serta membentuk kepribadian yang unggul. Dengan ditanamkannya kemandirian sejak dini, maka ketika dewasa anak akan lebih mudah dalam mengambil keputusan, bertanggung jawab, tidak mudah bergantung pada orang lain. Anak usia dini memiliki karakteristik dan sikap yang unik perhatian, minat, dan kemampuan belajar. Semua yang dilihat, didengar dan dirasakan mempengaruhi struktur kepribadian seorang anak. Peneliti menganalisa sifat kemandirian anak usia 5-6 tahun melalui pemberian dua kalimat perintah sekaligus di Tk IT Al-Ikhsan Kota Padangsidimpuan tahun ajaran 2023/2024. Dengan jumlah 23 anak terdiri dari 3 kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana pengaruh metode pemberian dua perintah sekaligus terhadap perkembangan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Tk IT Al-Ikhsan Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data digunakan secara wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Tk IT Al- Ikhsan Kota Padangsidimpuan. Adapun peneliti mengambil data dari satu kelas yaitu Kelas Abu Bakar berjumlah 23 anak perempuan dan laki-laki yang berusia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menganalis sifat mandiri anak usia 5-6 tahun melalui pemberian dua kalimat perintah sekaligus di Tk IT Al-Ikhsan Kota Padangsidimpuan dapat berkembang secara baik. Pencapaian indikator berkembang sangat baik (BSB) ada 7 anak, berkembang sesuai harapan (BSH) ada 12 anak dan mulai berkembang (MB) ada 7 anak. Anak terlihat memahami dan mampu melaksanakan dua perintah sekaligus. Hal ini terlihat dari tanggung jawab anak ketika diberikan tugas. Namun tingkat kemandirian anak yang sangat beragam, seperti beberapa anak masih belum menunjukkan kemampuan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Kemandirian; Anak usia 5-6 tahun; Dua kalimat perintah; TK IT Al-Ikhsan Kota Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:29 |
Last Modified: | 16 May 2025 07:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |