Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis masalah di MIN 3 Labuhanbatu

Pasaribu, Citra Hasanah (2024) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis masalah di MIN 3 Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500204.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis masalah, kesulitan ini diakibatkan dari permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita khususnya pada materi satuan waktu. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis masalah di MIN 3 Labuhanbatu dan untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis masalah di MIN 3 Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dilaksanakan di MIN 3 Labuhanbatu, subjek penelitian ini adalah seluruh kelas V-B Min 3 Labuhanbatu yang berjumlah 27 orang. Data dikumpulkan menggunakan tes dan wawancara, sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru matematika di kelas V MIN 3 Labuhanbatu, berdasarkan tes dan wawancara siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis masalah pada materi satuan waktu. Pengolahan data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi satuan waktu dilihat dari jenis-jenis kesulitan siswa yaitu ketidakmampuan dalam penguasaan konsep secara benar, ketidakmampuan menggunakan data, ketidakmampuan mengartikan bahasa matematika, ketidakcermatan dalam melakukan operasi hitung dan ketidakmampuan dalam menarik kesimpulan. Siswa yang paling banyak kesulitan terdapat pada kesulitan memahami konsep dan kesulitan melakukan operasi hitung. Kesulitan tersebut terjadi karena siswa kurang mengerti dalam memahami konsep satuan waktu, tidak mampu merumuskan suatu konsep matematika dengan bahasa/simbol yang benar, tidak bisa menentukan apa yang “diketahui” serta apa yang “ditanya” dalam soal dan kurang memahami maksud soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd. dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd.
Keywords: Kesulitan siswa; Soal cerita; Matematika; Berbasis masalah; MIN 3 Labuhanbatu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 16 May 2025 07:25
Last Modified: 21 May 2025 08:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item